Life is Easy

Cara Internetan di PICOPAD GGA 7

18 Sep 2013 - 10:12 WIB

Pada kesempatan kali ini, izinkanlah saya untuk berbagi mengenai internetan pada tablet non 3G atau tablet yang tidak mengandung simcard (halahh.. mengandung.. Emangnya apaan!!)
Sebetulnya sudah sekian lamanya saya mencari cara untuk bisa internetan menggunakan modem pada tablet/ipad yang saya miliki (sebenarnya bukan milik saya, tapi adik saya) yaitu PICOpad GGA yang berukuran 7 inch keluaran axioo. Karena dari settingan bawaan tablet, katanya untuk modem smartfren AC682 itu ngga support. Awalnya saya percaya begitu saja karena memang beberapa kali mencoba mempraktekkan cara-cara yang saya temukan dari mbah google ternyata belum berhasil. Sudah hampir menyerah, dan akhirnya melupakan untuk tidak mengungkit-ngungkit lagi masalah itu. Beberapa bulan mencari ternyata belum dikasih jalan juga oleh Yang Maha Kuasa. Hampir 6 bulan lah.. Lama juga ya.. tapi itulah yang namanya perjoeangan.. segala sesuatu itu indah jika dilalui dengan perjuangan Bung! Istilahnya berakit-rakit ke hulu, tenggelam kemudian.. Hahaha!!
Nah, setelah beberapa bulan yang tadi saya sebut di atas, akhirnya secara tidak sengaja saya menemukan sebuah aplikasi yang katanya bisa digunakan untuk menyambungkan internet pada tablet/ipad dengan modem apapun!! Benar! Modem Apapun!!
Tadinya saya tidak begitu menghiraukan apa yang dia katakan, toh saya sudah beranggapan kalo tablet saya tidak mungkin bisa konek internet dengan modem yang saya miliki. Tapi timbul rasa penasaran juga sih.. apa salahnya dicoba.. kali aja berhasil.
Dan akhirnya saya pun mencobanya, melakukan step demi step apa yang diajarkan dari petunjuk yang ada disitu. Dan ternyata berhasil teman-teman. Saya pun kaget, kok bisa begini?? Padahal sudah di vonis bahwa PICOpad GGA itu ngga bisa nyambung sama Smartfren A682. Dan akhirnya teori konspirasi kemakmuran pun runtuh.. (Hahaha… *Vicki mode on..)
Caranya ternyata simpel aja,
1.Pertama kita download dulu nih sepaket aplikasi yang bernama EVDO Android. Didalamnya ada file gprs, gprs-chat, sama pppwidget.
2.Setelah di download, instal pppwidget.apk ? nanti bakal muncul di tab widget, ngga bakal ada di tab aplication

60f8d91251226fd518ecd14466971813_1
3.Setelah di instal. Cari pppwidget di tab widget. Terus tekan dan tahan, pindahkan ke home.

0fa8df341e4a7140b4a3a09a14f772d5_no-modem-found
4.Setelah pppwidget pindah ke home, sentuh configure
Access Point Name : smart
Username : smart
Password : smart
Dialing string : #777
Check and set PIN : jangan di ceklis
Disable USB device sleep : ceklis
Autostart connection : terserah mau di ceklis atau ngga (saya sih ngga..)
Automatic re-connection : terserah mau di ceklis atau ngga (saya sih ngga..)
Automatic device detection : jangan di ceklis
Manual Port Selection : ceklis
Modem Port : ttyUSB0 (baca: ttyUSB nol)
Enable Logging : ceklis aja
Konfigurasi beres, silahkan kembali..
5.Copy file gprs dan gprs-chat ke /sdcard/pppwidget/ppp (kalau ada pertanyaan Overwrite, ya di Overwrite aja)
6.Colokin deh modemnya
7.Ada perintah Touch Icon! Maka Touch lah..

dd6bbc401fa941838ec2582141c17a4c_touch-icon

8.Muncul Choose available USB device
Pilih 19d2:ffde (China TeleCom)

70bd3ff64729f69ef5d203a2a7f1e1d8_choose-available-usb
9.Tunggu Preparing device
10.Klik/setuh Connect

8b22a932d52acd2bc6c52450bcf42c0a_disconnected

11.Tunggu apabila sedang Dialling out… (memang agak lama sih..)

9ded0a363a7833188dda1b42f75a5f0f_dialling-out
12.Connected!

e40e817c213b49355f4a0c1e66844139_connected
Silahkan browsing, buka browser Anda dan browsinglah sesuka hati.

Catatan:
Jika setelah dimatikan susah connect, atau banyak gangguan. Bisa dilakukan dengan menyeret kembali pppwidget dari tab widget ke home. Insya Alloh semuanya berjalan kembali..

Semoga bermanfaat..


TAGS   smartfren ac682 / setting modem di android / picopad gga / gga 7 inch / axioo tablet / pico / cara internetan / internetan di tab / intenetan di ipad / setting android /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive